https://gunungidn.com/ https://www.pulauselatan.org/
marikenya.com
SELATAN88
SELATAN88
SELATAN88
SELATAN88
Optimalisasi Keaktifan Peserta Didik Melalui Menyusun Cerita Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMK Manbaul Huda Pati Jawa Tengah | SMK MANBAUL HUDA PATI
  • SMK MANBAUL HUDA PATI
  • SMK BISA SMK HEBAT

Optimalisasi Keaktifan Peserta Didik Melalui Menyusun Cerita Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMK Manbaul Huda Pati Jawa Tengah

Penulis: Hikmatul Lailia, S.Pd

Guru Mata Pelajaran Sejarah

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) 

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran

Lokasi 

SMK Manbaul Huda Pati Jawa Tengah

Lingkup Pendidikan 

Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai 

Meningkatkan pemahaman sejarah indonesia peserta didik melalui model pembelajaran Project  Based Learning berbantuan infografis melalui  media canva pada materi Sejarah Kerajaan Demak  di kelas X SMK Manbaul Huda Pati

Penulis 

Hikmatul Lailia, S.Pd

Tanggal 

5 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, 

mengapapraktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadiperan dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah: 

  1. Peserta didik kurang bersemangat mengikuti pelajaran Sejarah Indonesia dikarenakan peserta  didik yang tidak memiliki target belajar 
  2. Peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran 
  3. Hasil belajar peserta didik masih di bawah KKM
  4. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan sering menerapkan model konvensional 
  5. Pembelajaran kurang menggunakan media yang bervariasi (kurang inovatif) 
  6. Kurangnya penguasaan kelas saat pembelajaran  berlangsung 

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena banyak guru mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya hadapi saat ini, sehingga praktik pembelajaran ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan dapat menjadi motivasi serta inspirasi dari guru lain untuk mengatasi permasalahan yang sama dalam pembelajaran ini. 

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media, metode, serta model pembelajaran yang inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan bisa meningkatkan pemahaman sejarah indonesia peserta didik.

 

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi 

tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Berdasarkan hasil kajian literatur, wawancara dengan  kepala sekolah dan teman sejawat, maka tantangan yang dihadapi guru yaitu : 

1. Masih ada peserta didik yang pasif pada saat mengerjakan LKPD 

2. Peserta didik belum percaya diri tampil di depan kelas saat mempresentasikan hasil kegiatannya 3. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan LKPD masih lama 

Orang-orang yang terlibat dalam praktik pembelajaran ini adalah peserta didik, kepala sekolah beserta rekan  guru, dosen pembimbing serta guru pamong yang  selalu memberikan motivasi dan saran dalam  pelaksanaannya sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yangdigunakan/ 

bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi 

yang diperlukan untuk 

melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi yang digunakan adalah:

1. Masih ada peserta didik yang pasif pada saat mengerjakan LKPD 

Saya harus lebih intens lagi dalam membimbing peserta didik yang belum memahami kegiatan yang akan dilakukan, memberikan stimulus agar  peserta didik dapat berperan aktif dalam kelompoknya. 

2. Peserta didik belum percaya diri tampil di depan kelas saat mempresentasikan hasil kegiatannya Saya harus mendampingi peserta didik dan memberikan contoh bagaimana cara mempresentasikan hasil kegiatan kelompok, dan  tetap memberikan semangat dan apresiasi kepada peserta didik atau kelompok yang sudah tampil. 

3. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan LKPD masih lama 

Saya harus membimbing peserta didik agar sebelum mengerjakan LKPD dapat membuat pembagian tugas sehingga lebih memudahkan dan dapat diselesaikan tepat waktu. 

Proses pelaksanaannya melibatkan kepala sekolah serta  rekan guru yang selalu memberikan masukan, motivasi dan kemudahan dalam melaksanakan praktik pembelajaran ini. 

Sedangkan sumber daya/materi yang diperlukan seperti laptop, Proyektor, buku guru dan 

buku siswa serta sumber referensi lainnya seperti internet.

 

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan 

strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor 

keberhasilan atau 

ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa 

pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan : 

  1. Peserta didik aktif dalam pembelajaran terutama saat  pembuatan proyek infografis 
  2. Peserta didik sudah bisa belajar secara berkelompok dan sudah lebih aktif saat  pembelajaran. 
  3. Peserta didik termotivasi dan bersemangat mengikuti pembelajaran mengenai sejarah kerajaan Demak 
  4. Hasil belajar peserta didik meningkat. 
  5. Dengan menggunakan model pembelajaran Project based learning Peserta didik secara berkelompok dapat dengan mudah menelaah materi sejarah kerajaan Demak, mulai dari politik, keadaan ekonomi, dan sosial budayanya.  
  6. Penggunaan media wordwall saat pretest dan penggunaan media google form saat post test, membuat pembelajaran lebih menantang dan tidak menjenuhkan. 

Penggunaan infografis melalui media canva dalam  pembelajaran sejarah sangat efektif untuk melihat kerjasama serta antusias peserta didik dalam menghasilkan proyek infografis dan menjawab pertanyaan di LKPD. 

Selama praktik pembelajaran, kepala sekolah maupun  rekan guru memberikan respon positif dan memberikan dukungan secara penuh. 

Adapun yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi  yang dilakukan adalah kerjasama yang baik dari kepala sekolah, peserta didik dan rekan guru, sarana dan prasarana yang memadai untuk menjalankan aksi tersebut. Pemahaman peserta didik dapat pula dilihat dari hasil belajar peserta didik di atas KKM. Dari 27 peserta didik yang mengikuti pembelajaran didapatkan nilai evaluasi 70< pada seluruh peserta didik. Oleh karena itu, melalui model pembelajaran Project based  learning dapat meningkatkan pemahaman sejarah  indonesia peserta didik. 

Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut adalah seorang guru harus selalu mengembangkan dirinya mengikuti perkembangan zaman dengan membuat inovasi pembelajaran, menciptakan pembelajaran yang  

menarik dan menyenangkan bagi peserta didik sehingga apa yang menjadi harapan bisa tercapai.

 

 Best Practice secara lengkap silahkan klik link dibawah ini! 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI MASALAH MURID KELAS 12 SMK MANBA’UL HUDA PATI SERING TERLAMBAT

Oleh: Afrianton Ribut Nugroho, S.Pd.    1. PENDAHULUAN  Profesi guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan dan pengembangan masyarakat. Guru tidak

04/12/2023 17:36 - Oleh Administrator - Dilihat 3754 kali
UJIAN SEKOLAH PRAKTIK SIMULASI DIGITAL TAHUN 2022-2023

Bagi siswa siswi kelas XII untuk ujian praktek Simulasi Digital (Simdig) adalah: Membuat Daftar Riwayat Hidup Scan Data Pribadi Membuat Power Point Membuat Gogle Drive unt

23/02/2023 11:56 - Oleh Administrator - Dilihat 2057 kali
UJIAN SEKOLAH PRAKTIK SIMULASI DIGITAL TAHUN 2022-2023

Bagi siswa siswi kelas XII untuk ujian praktek Simuladi Digital (Simdig) adalah: Membuat Daftar Riwayat Hidup Scan Data Pribadi Membuat Power Point Membuat Gogle Drive unt

23/02/2023 11:55 - Oleh Administrator - Dilihat 788 kali
AKSI NYATA PELATIHAN MANDIRI DENGAN TOPIK MERDEKA BELAJAR

Artikel ini merupakan resume dari modul yang saya pelajari di Platform Merdeka Mengajar. Artikel ini saya angkat sebagai aksi nyata untuk menularkan pengetahuan tentang Merdeka Belajar

21/11/2022 08:03 - Oleh Administrator - Dilihat 11577 kali
Tumbuhkan Jiwa Wirausaha pada Anak, Ini yang Dilakukan SMK Manbaul Huda Kembang Dukuhseti

Menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak harus dilakukan sedini mungkin. Hal itu bertujuan agar mereka dapat berfikir secara kreatif. Seperti halnya yang dilakukan oleh siswa SMK Manbaul H

23/10/2022 08:04 - Oleh Administrator - Dilihat 132 kali