Optimalisasi Keaktifan Peserta Didik Melalui Menyusun Cerita Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMK Manbaul Huda Pati Jawa Tengah
Penulis: Hikmatul Lailia, S.Pd
Guru Mata Pelajaran Sejarah
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SMK Manbaul Huda Pati Jawa Tengah |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah Menengah Kejuruan |
Tujuan yang ingin dicapai |
Meningkatkan pemahaman sejarah indonesia peserta didik melalui model pembelajaran Project Based Learning berbantuan infografis melalui media canva pada materi Sejarah Kerajaan Demak di kelas X SMK Manbaul Huda Pati |
Penulis |
Hikmatul Lailia, S.Pd |
Tanggal |
5 Desember 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapapraktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadiperan dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena banyak guru mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya hadapi saat ini, sehingga praktik pembelajaran ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan dapat menjadi motivasi serta inspirasi dari guru lain untuk mengatasi permasalahan yang sama dalam pembelajaran ini. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media, metode, serta model pembelajaran yang inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan bisa meningkatkan pemahaman sejarah indonesia peserta didik. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, |
Berdasarkan hasil kajian literatur, wawancara dengan kepala sekolah dan teman sejawat, maka tantangan yang dihadapi guru yaitu : 1. Masih ada peserta didik yang pasif pada saat mengerjakan LKPD 2. Peserta didik belum percaya diri tampil di depan kelas saat mempresentasikan hasil kegiatannya 3. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan LKPD masih lama Orang-orang yang terlibat dalam praktik pembelajaran ini adalah peserta didik, kepala sekolah beserta rekan guru, dosen pembimbing serta guru pamong yang selalu memberikan motivasi dan saran dalam pelaksanaannya sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yangdigunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi yang digunakan adalah: 1. Masih ada peserta didik yang pasif pada saat mengerjakan LKPD Saya harus lebih intens lagi dalam membimbing peserta didik yang belum memahami kegiatan yang akan dilakukan, memberikan stimulus agar peserta didik dapat berperan aktif dalam kelompoknya. 2. Peserta didik belum percaya diri tampil di depan kelas saat mempresentasikan hasil kegiatannya Saya harus mendampingi peserta didik dan memberikan contoh bagaimana cara mempresentasikan hasil kegiatan kelompok, dan tetap memberikan semangat dan apresiasi kepada peserta didik atau kelompok yang sudah tampil. 3. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan LKPD masih lama Saya harus membimbing peserta didik agar sebelum mengerjakan LKPD dapat membuat pembagian tugas sehingga lebih memudahkan dan dapat diselesaikan tepat waktu. Proses pelaksanaannya melibatkan kepala sekolah serta rekan guru yang selalu memberikan masukan, motivasi dan kemudahan dalam melaksanakan praktik pembelajaran ini. Sedangkan sumber daya/materi yang diperlukan seperti laptop, Proyektor, buku guru dan buku siswa serta sumber referensi lainnya seperti internet. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan :
Penggunaan infografis melalui media canva dalam pembelajaran sejarah sangat efektif untuk melihat kerjasama serta antusias peserta didik dalam menghasilkan proyek infografis dan menjawab pertanyaan di LKPD. Selama praktik pembelajaran, kepala sekolah maupun rekan guru memberikan respon positif dan memberikan dukungan secara penuh. Adapun yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah kerjasama yang baik dari kepala sekolah, peserta didik dan rekan guru, sarana dan prasarana yang memadai untuk menjalankan aksi tersebut. Pemahaman peserta didik dapat pula dilihat dari hasil belajar peserta didik di atas KKM. Dari 27 peserta didik yang mengikuti pembelajaran didapatkan nilai evaluasi 70< pada seluruh peserta didik. Oleh karena itu, melalui model pembelajaran Project based learning dapat meningkatkan pemahaman sejarah indonesia peserta didik. Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut adalah seorang guru harus selalu mengembangkan dirinya mengikuti perkembangan zaman dengan membuat inovasi pembelajaran, menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik sehingga apa yang menjadi harapan bisa tercapai. |
Best Practice secara lengkap silahkan klik link dibawah ini!
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI MASALAH MURID KELAS 12 SMK MANBA’UL HUDA PATI SERING TERLAMBAT
Oleh: Afrianton Ribut Nugroho, S.Pd. 1. PENDAHULUAN Profesi guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan dan pengembangan masyarakat. Guru tidak
UJIAN SEKOLAH PRAKTIK SIMULASI DIGITAL TAHUN 2022-2023
Bagi siswa siswi kelas XII untuk ujian praktek Simulasi Digital (Simdig) adalah: Membuat Daftar Riwayat Hidup Scan Data Pribadi Membuat Power Point Membuat Gogle Drive unt
UJIAN SEKOLAH PRAKTIK SIMULASI DIGITAL TAHUN 2022-2023
Bagi siswa siswi kelas XII untuk ujian praktek Simuladi Digital (Simdig) adalah: Membuat Daftar Riwayat Hidup Scan Data Pribadi Membuat Power Point Membuat Gogle Drive unt
AKSI NYATA PELATIHAN MANDIRI DENGAN TOPIK MERDEKA BELAJAR
Artikel ini merupakan resume dari modul yang saya pelajari di Platform Merdeka Mengajar. Artikel ini saya angkat sebagai aksi nyata untuk menularkan pengetahuan tentang Merdeka Belajar
Tumbuhkan Jiwa Wirausaha pada Anak, Ini yang Dilakukan SMK Manbaul Huda Kembang Dukuhseti
Menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak harus dilakukan sedini mungkin. Hal itu bertujuan agar mereka dapat berfikir secara kreatif. Seperti halnya yang dilakukan oleh siswa SMK Manbaul H