SMK Manbaul Huda Kembang Peringati Hari Santri Nasional

Dukuhseti – Hari santri Nasional merupakan sebuah hari untuk memperingati peran besar kaum kiyai dan kaum santri dalam perjuangannya melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari KH.Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945. “Itulah alasan yang mendasari kenapa Hari Santri Nasional ditetapkan melalui Keppres nomor 22 tahun 2015 (tanggal 22 Oktober 2015), yang sebelumnya Presiden Jokowi berpendapat pada tanggal 1 Muharram,”.

Lapangan Alasdowo Dukuhseti dipadati ratusan bahkan ribuan santri dalam peringatan Hari Santri Nasionalke, Senin (22/10). Ribuan santri tersebut yang terdiri atas Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MADIN), Pondok Pesantren (PP), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai pada Madrasah Aliyah (MA)/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan seluruh kecamatan yang terdapat di Lapangan Sepak Bola Alasdowo. Masing-masing santri selain mewakili tempat menuntut ilmunya (lembaga) mereka juga mewakili kecamatan sebagai daerah tempat berdiri dan lestarinya sumber ilmu.

SMK Manbaul Huda yang tergabung dalam Organisasi Religi/Islamiya itu Rohani Islam (Rohis) dari siswa kelas X (Sepuluh) sampai siswa kelas XII (DuaBelas) dan dibantu oleh teman-teman siswa lain dari ekstrakuler music sebagai pengiring orgen sebagai selingan selain hadroh.

Hari Santri Nasional ini merupakan cerminan anak bangsa, bahwa santri itu identic dengan kesederhanaan yang sesuai dengan tabiat masyarakat Indonesia, yang sederhana, ramah dan santun, anak-anak santri mereka dididik dan diajarkan tentang cinta nusa bangsa dan negaranya, salah satu slogan yang terkenal adalah “Hubbul Wathan minal Iman” (cinta tanah air sebagian dari man). Inilah yang menyebabkan para santri cinta dan bangga dengan Indonesia, rasa patriot dan nasionalisme merek atelah tumbuh dan berkembang melalui ajaran-ajaran Islam yang agung.

Dengan memperingati Hari Santri Nasionalinise moga bias menjadi momentum untuk membangkitkan kembali jiwa patriotism santri, agar kembali semangat belajar, menuntutilmu, dan taat agama, orang tua, dan nusa bangsa Indonesia.