Belajar itu membutuhkan kesabaran. Hanya karena belum menemukan solusi atas persoalan yang ditemui, murid tak boleh menyerah.
Di bawah ini adalah beberapa kendala yang mungkin ditemui oleh murid selama sekolah. Kendala2 ini justru tidak boleh menghalangi murid dalam belajar tetapi justru harus menjadikan murid selalu tekun mencari alternatif solusi agar murid dapat terus belajar meski halangan menghadang.

  1. Guru. Guru Anda tidak menyenangkan dan mungkin tak profesional.
    Halangan ini tidak boleh mengendurkan semangat Anda dalam belajar. Segeralah mencari kawan mitra pembelajar baik di kelas maupun di luar kelas yang dapat membantu Anda memahami pelajaran dengan lebih baik.
    Fokuskan upaya belajar Anda dengan membaca lebih banyak buku, jika belajar dengan guru dirasa tak memuaskan.
  2. Siswa.
    Beberapa siswa di kelas mungkin justru menghalangi Anda lebih fokus ke pembelajaran. Halangan ini dapat Anda siasati dengan cara tidak terlalu terikat kepada siswa manapun. Anda dapat mempertimbangkan opsi untuk tak mempunyai kawan karib sama sekali.
  3. Sarana prasarana pembelajaran yang tidak memadai.

Perlu Anda ketahui, tak semua sekolah menyediakan sarana prasana yang memadai untuk pembelajaran.
Halangan ini dapat Anda siasati dengan cara tetap meneruskan proyek pembelajaran di luar sekolah sambil berusaha membuat produk2 alternatif hasil belajar Anda di luar sekolah. Anda justru dapat membuat kurikulum dan jadwal belajar sendiri.

Demikianlah beberapa hal terkait sabar dalam belajar.
Selamat belajar di manapun dan kapanpun dengan siapapun!

Penulis : Ah. Ainun Na’im, S.P